Game Edukasi Sejarah Terbaik

Video games tidak selamanya memberi pengaruh buruk. Beberapa video games justru secara sengaja dikembangkan untuk tujuan pendidikan. Termasuk di antaranya adalah game edukasi sejarah.

Games Edukasi Sejarah

Kita bisa merasakan keseruan permainan sekaligus mempelajari sejarah. Video-video games ini dimainkan siswa sekolah untuk menambah wawasan mereka. Berikut adalah lima di antaranya:

  1. Pertama ada Civilization III. Pemain akan memegang kendali untuk perencanaan hingga pelaksanaan kompetisi melawan pemimpin negara lain. Pemain bisa belajar mengenai perbedaan dalam sistem pemerintahan, geografi dunia hingga sejarah kebudayaan dunia.
  2. Kedua ada Revolution. Game ini dibuat Massachussets Institution of Technology untuk Education Arcade. Pemain mengambil peran sebagai penduduk di masa Perang Revolusi Amerika. Pemain bisa mempelajari konflik dari perspektif warga sipil serta segala hal tentang ekonomi, politik dan sosial yang berjalan selama terjadinya perang.
  3. Ketiga ada Age of Empires III. Game ini akan membuat kita belajar mengenai jatuh bangunnay kerajaan-kerajaan yang ada di dunia. Seri ketiga ini mencakup zaman medieval di hingga pertengahan 1800an di sekitar Amerika Utara serta Eropa. Pemain juga ditantang dalam mengatur strategi hingga pengembangan sumber daya.
  4. Keempat ada Oregon Trail, game yang mengajarkan pemain tentang kesulitan pendatang barat dalam memperoleh pengertian geografi hingga pengaruh manusia untuk lingkungan.
  5. Terakhir ada Pirate Raider, yang akan membawa pemain ke laut bebas bersama bajak laut. Game ini dapat menjadi edukasi mengenai sejarah bajak laut serta membuatnya semakin menarik dan juga imajinatif. Pemain juga dapat mempelajari aneka tipe kapal sertaa geografi. Pengetahuan sejarah yang didapat dari game ini juga bisa diaplikasikan dalam pelajaran sejarah siswa.

Demikian adalah lima game pendidikan yang sarat akan edukasi untuk anak-anak serta remaja. Tidak selamanya video games berisi unsur kekerasan yang tidak mendidik. Namun yang perlu diperhatikan adalah bahwa game yang mendidik sekalipun tetap harus dibatasi waktunya oleh orangtua agar anak tidak kecanduan dalam memainkannya. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat terutama dalam mencari video games yang penuh edukasi.