10 Makanan Sehat untuk Memperbanyak ASI

ASI adalah salah satu sumber makanan yang dikonsumsi oleh bayi yang baru lahir hingga berumur 2 tahun. Bayi yang baru lahir memang hanya diperbolehkan mengonsumsi ASI karena sistem pencernaan bayi yang belum bisa mengolah makanan dengan baik. Pemberian ASI sangat dianjurkan sebab memiliki berbagai manfaat yang baik untuk bunda dan sang buah hati. Maka tidak heran, pemerintah mengusulkan untuk memberikan ASI secara eksklusif hingga berumur 6 bulan atau 2 tahun. ASI akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sang bayi, memiliki nutrisi yang sangat lengkap untuk bayi. Sedangkan untuk bunda sendiri, pemberian ASI berguna untuk lebih mendekatkan bayi dengan bunda dan juga mencegah terjadinya kanker payudara. Namun saat ini, banyak para bunda yang mengeluh bahwa ASI yang keluar tidak terlalu lancar, terlebih lagi bagi bunda yang baru pertama kali melahirkan. Bunda tidak perlu khawatir sebab memperbanyakASI bisa dilakukan dengan mudah, hanya dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan sehat yang satu ini.

Pepaya

Pepaya baik dari daun, buah dan bunganya sangat baik untuk meningkatkan produksi ASI Anda. Hal tersebut karena kandungan di dalamnya berupa vitamin A, Cdan beberapa kandungan penting lainnya, seperti asam flat, kalium dan enzim papain. Enzim yang ada pada pepaya ini baik untuk mencerna protein. Sedangkan, pada bunda sangat membutuhkan protein yang banyak untuk bisa menghasilkan ASI. Di samping itu, buah pepaya juga memiliki banyak sekali cairan yang bisa mencukupi cairan untuk memproduksi ASI. Anda bisa mengonsumsi baik buah pepaya, daun atau bunganya. Untuk buah pepaya bisa dijadikan sebagai jus yang lezat atau dimakan langsung. Sedangkan daun dan bunganya bisa dijadikan sup.

Daun katuk

Sudah sejak lama, daun katuk digunakan untuk memperbanyak asi para bunda. Walaupun terasa pahit, tapi manfaatnya tidak boleh diragukan. Daun katuk sendiri memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga membuat ASI menjadi lebih lancar. Perlu Anda ketahui bunda, pada waktu menyusui kebutuhan protein yakni 20 gram lebih banyak daripada tidak menyusui. Sedangkan protein yang dihasilkan dari daun katuk sendiri adalah 100 gram setiap harinya sehingga akan sangat memenuhi kebutuhan protein harian. Bahkan mengonsumsi daun katuk bisa membuat ASI bunda menjadi lebih lezat sehingga menambah nafsu makan sang buah hati.

Bayam

Sayuran berwarna hijau ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan zat besi. Zat besi yang ada pada bayam sangat baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah untuk bunda menyusui. Di samping itu, bayam juga memiliki beberapa kandungan lainnya seperti vitamin B6 yang baik meningkatkan sistem imun. Adapun kandungan bayam berikutnya, berupa vitamin A, C, E K, protein. Asam folat, kalsium, thlamin, kalium, fosfor, riboflavin dan magnesium. Enzim phytoestrogens di dalam bayam baik untuk meningkatkan produksi ASI.

Sup ayam / ikan / daging

Sup merupakan salah satu makanan yang baik untuk memperbanyak ASI. Kuah dalam sup ayam, ikan atau daging berguna untuk penambah cairan tubuh bunda. Sedangkan ayam, ikan dan daging memiliki kandungan protein yang tinggi untuk meningkatkan produksi ASI. Anda bisa menambahkan beberapa sayuran di dalam sup tersebut sebagai sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh bunda saat menyusui.

Havermouth

Havermourth atau biasa dikenal sebagai oatmeal merupakan makanan sehat yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dan menstabilkan tekanan darah. Havermouth merupakan jenis gandum dengan kandungan serat yang cukup tinggi, kaya kalium dan zat besi. Kandungan tersebutlah yang baik untuk memperlancarASI. Selain itu, mengonsumsi havermouth dengan ditambah buah – buahan, kacang atau susu akan membantu memenuhi nutrisi yang baik untuk ASI.

Pare

Mungkin sebagian dari bunda akan menghindari makanan yang satu ini karena memang rasanya yang pahit. Namun dibalik rasa yang pahit tersebut, pare memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang sangat kaya. Di mana kandungan tersebut sangat baik untuk memperbanyak ASI bunda. Selain itu, pare memiliki kandungan akan likopen, vitamin K, tinggi antioksidan dan fitokimia liutein. Pare juga bagus untuk mengontrol kadar gula darah, terutama bagi bunda yang sedang hamil danbaru melahirkan.

Kacang – kacangan

Beberapa jenis kacang – kacangan berguna dalam meningkatkan produksi ASI bunda, seperti kacang tanah, kacang almond, dan kacang mete. Ketiga jenis kacang tersebut memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yang baik untuk bunda saat menyusui. Di samping itu, kacang tanah dan kacang almond memiliki kandungan zat besi serta kalsium yang bagus untuk bunda. Ketiga jenis kacang tersebut bisa sebagai camilan harian bunda.

Wortel

Sayuran yang tinggi akan vitamin A ini juga baik untuk memperbanyak ASI. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan akan beta karoten dan enzim phytoestrogens. Di mana enzim itulah yang baik untuk meningkatkan produksi ASI bunda. Bunda bisa mengonsumsi satu buah wortel yang dibuat jus lezat pada pagi harinya, di mana pada sore hari bunda bisa merasakan ASI bunda menjadi lebih lancar.

Biji – bijian

Beberapa jenis bijian – bijian juga berguna untuk meningkatkan produksi ASI bunda, seperti biji wijen hitem, jinten hitam, biji funugreek dan biji adas. Bijia wijen hitam memiliki kandungan kalsium yang cukup baik dan mampu memperlancar ASI. Di samping itu, biji jinten hitam kaya akan kandungan zat besi yang berguna mengembalikan tenaga para bunda setelah melahirkan. Kandungan protein yang tinggi di dalam biji jinten hitam berguna menambah cairan ASI. Sedangkan, jenis biji adas memang sudah lama digunakan untuk memperlancar ASI. Menurut penelitian, biji adas juga baik untuk membantu kolik pada bayi. Kandungan vitamin C dalam biji adas baik untuk pencernaan, serta penyegar mulut. Jenis biji yang terakhir yakni biji funugreek merupakan makanan tradisional dalam membuat ASImenjadi lebih banyak. Bahan penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi biji yang satu ini selama seminggu, bunda akan mendapatkan ASI yang melimpah. Selain itu, biji yang satu ini tinggi akan kalsium, vitamin, mineral dan zat besi.

Kemangi

Makanan sehat yang terakhir dan bagus untuk memperbanyak ASI adalah kemangi. Kemangi sendiri sering dijadikan lalapan. Di samping itu, kemangi memiliki kandungan akan enzim phytoestrogens yang memang bisa menambah jumlah cairan ASI bunda dalam jumlah yang banyak. Kemangi juga memiliki manfaat yang lainnya dan bagus, seperti mampu meningkatkan gerak usus, sebagai rileksasi karena sifat penenangnya, mencegah sembelit dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, mengonsumsi kemangi juga baik untuk mencegah timbulnya bau badan yang tidak sedap.

Demikian kesepuluh makanan sehat yang mampu meningkatkan jumlah cairan ASI bunda. Perlu diingat adalah bunda bisa mengonsumsinya dengan berbagai carayang bunda inginkan. Selain itu, selalu penuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bunda sehingga ASI yang diproduksi akan semakin bernutrisi dan baik untuk sang buah hati.